RSS : Articles / Comments


Surga dan Neraka Sama ?

20.53, Posted by Ch. Yosefina, No Comment

Salah satu cerita satire dari Antony de Melo, SJ seorang yesuit adalah kisah tentang situasi surga dan neraka waktu acara makan yang sama.
Tersebutlah suatu hari seorang pemuda dalam komanya ia dijemput oleh seorang malaikat dan diajak jalan jalan melihat suasana neraka dan surga.
Sampai di neraka ia melihat para penhuninya duduk di meja saling berhadapan dan di depan mereka tersedia makanan yang lezat ,namun ketika mereka mau memakannya mereka sangat kesulitan karena mereka harus menyendok makanan mereka dengan sendok sepanjang satu meter dan akhirnya sia sia saja walaupun makanan yang tersedia enak, namun mereka tak berhasil memakannya karena sendok yang di pakai terlalu panjang hinga makanan hanya tumpah dan merekapun menjerit kelaparan.
Dan anak inipun di bawa sang malaikat ke surga ,dan disinipun pas lagi acara makan dengan meja panjang dan mereka duduk berhadapan dan juga mengunakan sendok yang panjang seperti penghuni neraka.
Anak inipun keheranan dan bertanya kepada malaikat itu ‘kok Cara makan neraka dan surga sama? Kan merka tentu sulit makan dan akan kelaparan seperti penhuni neraka?
Tenang dulu nak kau perhatikan cara mereka makan lah yang berbeda ,walau hidangan dan alat makannya sama namun cara makan peghuni neraka dan penhuni surga berbeda! Kata malaikat itu pada sang anak.
Anak itupun merperhatikan cara makan para penghuni surga, dan teryata memang mereka bisa makan dengan sendok sepanjang satu meter itu dengan cara saling menyuapi antara penghuni surga yang saling berhadapan di meja makan itu.
Sekarang mengerti kau nak beda penghuni surga dan neraka? Tanya malaikat itu pada anak itu ,dan langsung melanjutkan perkataannya ,di neraka para penghuninya serakah tak mau berbagi dan akhirnya mereka tak bisa makan apa apa dan selalu kelaparan ,namun disurga para penghuninya mau saling berbagi dengan cara saling menyuapi sesama mereka dan dengan berbagi mereka pun bisa sama sama makan.
Jadi nanti begitu engkau sadar sampikanlah kepada semua manusia agar mau saling berbagi dan saling mengasihi agar suatu hari nanti mereka akan masuk sorga.
Anak inipun menganguk dan mengiyakan.
Makna: gambaran situasi surga dan neraka dicerita ini hanyalah rekaan ,namun pesan cerita ini jelas agar kita mau saling berbagi dan saling mengasihi ,maka orang seperti inilah yang akan masuk surga.
God Bless You

No Comment